Senin, 08 Oktober 2012

FUNGSI, PERKEMBANGAN DAN KEDUDUKAN BAHASA INDONESIA

       Bahasa Indonesia merupakan bahasa yang kita pakai sehari-hari dan juga bahasa resmi negara kita. Dalam penggunaannya, bahasa Indonesia mempunyai beberapa aturan yang harus ditaati agar kita bisa menggunakannya dengan baik dan benar. Tetapi sebelum membahas mengenai bahasa indonesia, saya ingin memberi penjelasan sedikit mengenai makna sebenarnya dari kata "bahasa" itu sendiri.


A. PENGERTIAN
       Pengertian bahasa telah banyak didefinisikan oleh para ahli menurut pandangan mereka masing-masing. Bill Adams menyebutkan bahwa bahasa adalah sebuah sistem pengembangan psikologi individu, Wittgenstein mengartikan bahwa bahasa adalah bentuk pemikiran yang dapat dipahami, sedangkan Saussure mendifinisikan kalau bahasa adalah objek dari semiologi. Sebenarnya masih banyak lagi definisi-definisi yang disebutkan oleh para ahli, begitu juga saya sendiri yang mempunyai pendapat sendiri mengenai arti dari bahasa itu sendiri. Menurut saya, bahasa adalah alat yang digunakan untuk berkomunikasi dan berinteraksi antar individu dalam suatu masyarakat dan media yang
digunakan bisa dengan lisan ataupun tulisan. Dengan media lisan, bahasa diungkapkan melalui bunyi yang dikeluarkan oleh alat ucap manusia yaitu mulut. Sedangkan media tulisan, bahasa diungkapkan dengan tulisan-tulisan yang mengandung arti bagi orang yang membacanya.

B. FUNGSI BAHASA
  • Penyampai informasi
  • ekspresi diri, kita bisa mengungkapkan perasaan yang kita rasakan dengan menggunakan bahasa yang diungkapkan menggunakan media lisan atau tulisan
  • adaptasi dan itegrasi, dengan bahasa kita bisa berbaur dengan masyarakat dengan cara berkomunikasi dengan mereka menggunakan bahasa
  • kontrol sosial, dengan menggunakan bahasa kita bisa mempengaruhi perbuatan yang dilakukan oleh lawan bicara kita.
C. PERKEMBANGAN BAHASA INDONESIA

1. Perkembangan sebelum kemerdekaan
       Pada dasarnya bahasa indonesia lahir dari bahasa melayu yang digunakan saat Indonesia masih pada zaman kerajaan terutama ketika zaman kejayaan kerajaan Sriwijaya. Pada saat itu bahasa melayu digunakan sebagai bahasa penghubung antar suku-suku di Nusantara, dan bahasa tersebut semakin meluas karena dibawa oleh para pedagang yang menggunakan bahasa tersebut ketika berkomunikasi dengan pedagang diseluruh Nusantara dan diluar Nusantara.
       Perkembangan bahasa Melayu yang semakin meluas mempengaruhi dan mendorong rasa persaudaraan bangsa Indonesia sehingga para pemuda Indonesia yang tergabung dalam pergerakan pemuda mengangkat secara resmi bahasa Melayu menjadi bahasa Indonesia, bahasa persatuan dan kesatuan negara Indonesia pada tanggan 28 Oktober 1928.

2. Perkembangan setelah kemerdekaan
       Bahasa Indonesia yang lahir pada tanggal 28 Oktober 1928 diangkat secara resmi menjadi bahasa negara pada tanggal 18 Agustus 1945. Undang-undang menyatakan secara resmi bahwa "Bahasa Negara Adalah Bahasa Indonesia" (pasal 36). Jadi bisa dikatakan bahwa kemerdekaan negara Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 mengukuhkan kedudukan dan fungsi bahasa indonesia secara konstitusional sebagai bahasa negara. Dari Zaman ke zaman, bahasa Indonesia mengalami banyak perubahan baik dalam pengucapan maupun dalam penulisannya. Hingga saat ini ejaan yang resmi digunakan adalah Ejaan Yang Disempurnakan(EYD). Banyak aturan yang tedapat dalam ejaan tersebut sehingga saya tidak mungkin menyebutkannya satu-persatu. Untuk mengetahuin aturan-aturan dalam ejaan EYD tersebut silahkan klik link ini Ejaan Yang Disempurnakan(EYD)

D. KEDUDUKAN BAHASA INDONESIA
       Berdasarkan kedua peristiwa penting, yaitu sumpah pemuda dan peresmian Undang-undang Dasar Republik Indonesia, dapat disimpulkan bahwa kedudukan bahasa Indonesia adalah sebagai bahasa kebangsaan, artinya bahasa Indonesia kedudukannya lebih tinggi dari bahasa-bahasa daerah dan bahasa Indonsia adalah bahasa Negara.




sumber: http://jaririndu.blogspot.com
                http://erikgundar.wordpress.com

0 komentar:

Posting Komentar