Minggu, 31 Maret 2013

PENALARAN DEDUKTIF

1. PENGERTIAN

Penalaran deduktif merupakan salah satu metode penalaran yang berkebalikan dari metode penalaran induktif. Secara garis besar pengertian penalaran deduktif adalah metode yang menggunakan pola pikir berawal dari hal-hal yang umum dan selanjutnya dihubungkan dalam bagian-bagiannya yang khusus. Pada penalaran ini juga seringkali membahas teori-teori yang bersifat umum kemudian ditarik kesimpulan yang khusus.



2. FAKTOR-FAKTOR

  • Pembentukan teori
  • Hipotesis
  • Definisi operasional
  • Instrumen
  • Operasionalisasi



3. JENIS-JENIS

        3.1 Silogisme

               3.1.1 Silogisme Kategorial
                        Silogisme yang terjadi dari tiga posisi, yaitu premis umum, khusus dan kesimpulan.    dalam kesimpulan terdapat subjek dan predikat. Subjek simpulan disebut term mayor dan predikat simpulan disebut term minor.

               3.1.2 Silogisme hipotesis
                        Silogisme yang yang terdiri atas premis mayor yang berposisi kondisional hipotesis (bila premis minornya menerima anteseden, simpulannya membenarkan konsekuen. bila premis minornya menolak anteseden, simpulannya juga menolak konsekuen.

                3.1.3 Silogisme alternatif
                         Silogisme yang terdiri atas premis mayor berupa proposisi alternatif. Proposisi alternatif yaitu bila premis minornya membenarkan salah satu alternatifnya. Simpulannya akan menolak alternatif yang lain.
                        
         3.2 Entimen
               Silogisme yang hanya mengemukakan premis mayor dan simpulan. Silogisme ini jarang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.




daftar pustaka:
http://ema-ainurrohmah.blogspot.com
http://bigfat-evillaugh.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar