Minggu, 31 Maret 2013

PERBEDAAN KARYA ILMIAH, SEMI ILMIAH DAN NON ILMIAH

1. PENGERTIAN

Karya ilmiah adalah karangan atau tulisan yang didasari dari hasil pengamatan, peninjauan dan penelitian yang disusun dalam sistematika dengan menggunakan metode tertentu. jadi kebenaran tengtang tulisan ini telah teruji dan dapat dipercaya.

Karya semi ilmiah adalah karangan atau tulisan yang menyajikan fakta dan fiksi didalamnya. penulisan karya ilmiah semi ilmiah tidak sepenuhnya mengikuti metode ilmiah yang sintesis dan analitis. tulisan ini banyak digunakan dalam novel, anekdot, dongeng, hikayat, komik dan roman.

Karya non ilmiah adalah karangan atau tulisan yang sepenuhnya merupakan hasil imajinasi sang penulis. isi dari tulisan ini merupakan rekaan yang dalam penulisannya tidak boleh dibuat sembarangan. 


2. CIRI-CIRI



  • karya ilmiah = memiliki aturan baku dan sejumlah persyaratan khusus dalam penggunaan bahasa dan metode.
  • karya semi ilmiah = memiliki karakteristik diantara karya ilmiah dan  non ilmiah
  • karya non ilmiah = tidak terikat pada karangan yang baku

3. PERBEDAAN

Perbedaan ketiga jenis tulisan yang dibahas, yaitu karya ilmiah, semi ilmiah dan non ilmiah, terletak pada isi yang dibahas, aturan penulisan dan bahasa yang digunakan. isi dari karya ilmiah merupakan informasi yang kebenarannya terlah teruji, sedangkan karya semi ilmiah isinya berupa fakta yang dibubuhi dengan beberapa hal fiksi dan karya non ilmiah berisi imajenasi sang penulis yang merupakan hal fiktif.

0 komentar:

Posting Komentar