Senin, 19 Maret 2012

RESUME MATERI PENENTUAN HARGA, PERMINTAAN DAN PENAWARAN

PERMINTAAN
       Permintaan adalah sejumlah barang yang dibeli atau diminta oleh konsumen pada suatu tingkat harga dan periode waktu tertentu. Hukum permintaan berbunyi "Semakin rendah tingkat harga, semakin tinggi jumlah barang yang diminta. Dan sebaliknya, semakin tinggi tingkat harga, semakin sedikit permintaan".

       KURVA PERMINTAAN 
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERMINTAAN
  1. Harga barang itu sendiri
  2. Harga barang substitusi
  3. Harga barang komplementer
  4. jumlah pendapatan
  5. selera konsumen
  6. intensitas kebutuhan konsumen
  7. perkiraan harga dimasa depan
  8. jumlah penduduk

PENAWARAN
       Penawaran adalah banyaknya barang atau jasa yang ditawarkan oleh produsen kepada konsumen setiap tingkat harga selama periode waktu tertentu. Hukum penawaran berbunyi "Semakin tinggi harga barang, semakin banyak jumlah barang yang ditawarkan. Dan sebaliknya, semakin rendah harga barang, semakin sedikit jumlah barang yang ditawarkan".
       
KURVA PENAWARAN 

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENAWARAN
  1. Harga barang itu sendiri
  2. Harga barang pengganti
  3. Biaya produksi
  4. Kemajuan teknologi
  5. Pajak
  6. Perkiraan harga dimasa depan

       Pada hukum penawaran dan permintaan berlaku asumsi cateris paribus, artinya hukum-hukum tersebut berlaku jika keadaan atau faktor-faktor selain harga tidak berubah atau dianggap tetap.

PENENTUAN HARGA KESEIMBANGAN
       Penentuan harga keseimbangan terjadi akibat pertemuan kurva permintaan dan penawaran. Penentuan harga keseimbangan ini cukup penting agar terciptanya keseimbangan pasar. Cukup banyak masalah yang timbul jika produsen tidak memperhatikan harga keseimbangan dipasar seperti kelangkaan barang dan kelebihan barang penawaran.
       Ketika produsen melakukan produksi yang sangat banyak tanpa melihat permintaan yang sedikit, produsen tersebut akan mengalami kerugian karena barang yang ditawarkan dipasar terlalu banyak sedangkan permintaan sedikit. Jika produsen melakukan produksi barang yang sedikit sementara permintaan banyak, akan terjadi kelangkaan barang dan produsen tidak mendapat keuntungan yang optimal. Jadi harga keseimbangan sangat penting untuk diperhatikan agar produsen dan konsumen sama-sama mendapat keuntungan dan kepuasan yang optimal.

KURVA HARGA KESEIMBANGAN



0 komentar:

Posting Komentar