Selasa, 20 Maret 2012

RESUME PERILAKU KONSUMEN

       Perilaku konsumen adalah perilaku yang ditunjukkan oleh konsumen dalam mencari, menukar, menggunakan, menilai, mengatur barang atau jasa yang mereka anggap dapat memuaskan kebutuhan mereka, perilaku konsumen di pengaruhi oleh faktor eksternal dan faktor internalDalam teori yang membahas masalah perilaku konsumen digunakan 2 pendekatan yaitu pendekatan kardinal dan ordinal.

PENDEKATAN KARDINAL
       Pendekatan kardinal adalah pendekatan yang dipengaruhi oleh daya guna dari barang itu sendiri. Asumsi dari pendekatan ini adalah:
  • Konsumen rasional
  • Berlaku hukum dimishing marginal utility
  • Pendapatan konsumen tetap
  • Uang punya nilai subyektif
  • Total utility (kepuasan total)
PENDEKATAN ORDINAL
       Pendekatan ordinal adalah pendekatan yang hanya berdasarkan selera konsumen saja. sedangkan daya guna barang tidak berengaruh. Asumsi dari pendekatan ini adalah:
  • Konsumen rasional
  • konsumen punya pola preferensi terhadap barang
  • konsumen punya sejumlah uang
  • konsumen berusaha capai kepuasan
  • konsumen konsisten
  • hukum transitif
KONSEP ELASTISITAS YANG UMUMNYA DIPAKAI EKONOMI MIKRO
1.   Elastisitas harga permintaan (Ed)
2.   Elastisitas harga penawaran (Ws)
3.   Elastisitas silang (Ec)
4.   elastisitas pendapatan (Ey)

0 komentar:

Posting Komentar