Sabtu, 28 April 2012

BERBAGAI MODUS KEJAHATAN

       Pada postingan kali ini saya ingin menjelaskan tentang berbagai modus kejahatan yang sudah sering terjadi di kota-kota besar baik ketika kita sedang mengendarai kendaraan pribadi, ataupun sedang menggunakan jasa angkutan umum

1. KEJAHATAN DENGAN MENABRAKAN KENDARAAN
        Kasus ini lah yang sering terjadi akhir-akhir ini, para pelaku yang beranggotakan 3-5 orang ini biasanya menggunakan mobil rental untuk melaksanakan aksinya. Para pelaku mencari korban yang sedang berkendara sendiri dan menggunakan perhiasan yang mencolok atau sedang mengendarai kendaraan terbaru yang tergolong mewah. Pelaku yang sudah menemukan calon korbannya kan menabrakkan atau menyerempet mobil sang korban, otomatis korban akan keluar dan memeriksa kendaraan mobilnya. Para pelaku yang juga ikut berhenti dan turun akan pura-pura meminta maaf dan menawarkan ganti rugi atas kejadian tersebut. Korban akan diajak ke ATM atau bengkel yang diinginkan pelaku dan sebagai jaminan 2 o
rang pelaku akan ikut mobil korban. Ditengah perjalanan yang pelaku anggap aman untuk beraksi akan segera melucuti barang berharga korban dan bahkan tak segan untuk bertindak kasar jika korban melawan.

2. KEJAHATAN DENGAN PURA-PURA MEMBERI TAHU BAN KEMPES
       Pelaku kejahatan ini juga mengincar korban yang sedang menyetir sendirian. ketika anda sedang menyetir sendirian akan ada orang dipinggir jalan yang memberitahu bahwa ban mobil anda kempes, dengan begitu anda akan berhenti dan turun untuk mengecek keadaan ban. Ketika itu teman pelaku akan masuk dari pintu belakang yang otomatis tidak terkunci karena anda menganggap hanya turun sebentar untuk memeriksa keadaan. Ketika anda kembali ke mobil barang-barang berharga anda telah lenyap.

3. KEJAHATAN DENGAN MELEMPAR TELUR
       Pada saat anda sedang berkendara berhati-hatilah jika ada orang yang tiba-tiba melempar telur kearah kaca depan dan jangan menggunakan wiper untukmencoba membersihkannya, karena ketika kita menggunakan wiper hanya akan membuat kotoran tersebut semakin lebar dan otomatis anda akan berhenti. Ketika anda berhenti itulah sudah ada orang-orang yang bersiap untuk melakukan kejahatan

4. KEJAHATAN COPET DIDALAM ANGKOT
       Kejahatan inilah yang paling banyak terjadi. Biasanya pelaku lebih mengincar telepon genggam dari pada dompet atau barang lainnya karena handphone lebih mudah diambil dan dijual daripada dompet yang tidak bisa ditebak isinya. Para pelaku kejahatan ini biasanya akan naik angkot secara terpisah dari berbagai titik dan mengambil posisi tempat duduk mengapit anda ditengah-tengah mereka. Mereka menjalankan aksinya dengan berpura-pura menawarkan jasa pijit atau berpura-pura muntah dan menggoyang-goyangkan kaki anda. Disaat bersamaan pelaku yang berada disamping anda akan mengambil handphone dari kantong celana anda. Ketika sudah terambil, handphone tersebut dioper ke pelaku yang lain dan segera turun dari angkot lalu kabur.


5.KEJAHATAN DIANGKOT DENGAN TISU BASAH
       Kejahatan ini menggunakan bahan kimia yang membuat anda kehilangan kesadaran. Ketika anda sedang berada diangkot, pelaku akan naik dan duduk disebelah anda. Lalu pelaku mengeluarkan tisu basah dengan bau menyengat dan sengaja mendekatkannya kehidung anda agar anda terbius. Biasanya mereka berpura-pura menawarkan tisu tersebut atau pura-pura membuka jendela. ketika anda sudah kehilangan kesadaran mereka akan melakukan aksinya.

6. KEJAHATAN DI KERETA REL LISTRIK EKONOMI
       Para pelaku kejahatan ini mengincar korban wanita yang menggunakan jasa KRL ekonomi dan beroprasi siang - sore hari ketika keadaan kereta sedang sepi. Mereka menetapkan korban sejak berada distasiun dan tidak berkeliling mencari korban diatas kereta. Ketika kereta sudah mulai berjalan salah seorang pelaku akan segera merampas tas korban dan locat dari kereta tersebut. Pelaku memanfaatkan kecepatan kereta pada saat itu karena biasanya korban wanita takut untuk melompat pada kecepatan itu. Pada beberapa kasus juga pelaku memanfaatkan kondisi kereta yang ramai dan padat untuk menjalankan aksinya. Jika anda merasa tas anda tertarik sesuatu, hati-hatilah karena saat itu pelaku sedang beraksi dengan merobek tas korban dengan silet dan mengambil isi tas dari lubang tersebut. Dan ada juga kejahatan tindak asusila diatas kereta dengan korban wanita, pelaku akan meraba-raba korban wanita yang manjadi sasarannya dan tidak berani atau susah melawan karena kondisi kereta yang padat.

7. KEJAHATAN DENGAN MENYURUH ANAK KECIL BERPURA-PURA MENANGIS DAN MINTA DIANTAR KESUATU TEMPAT
       Ini adalah modus kejahatan terbaru yang menggunakan anak kecil dan memanfaatkan kebaikan orang. Para pelaku akan menyuruh seorang anak kecil menangis sehingga ada orang baik yang mendatanginya dan menawarkan bantuan. Anak tersebut akan meminta sang korban untuk diantar kesuatu tempat dimana para pelaku sudah siap menunggu untuk melakukan aksinya.


Masih banyak lagi modus kejahatan yang berada disekitar kita, jadi dimanapun anda berada dan kapanpun itu anda harus tetap waspada. Benar jika kita tidak boleh menilai orang dari luar atau penampilannya saja. Orang dengan penampilan acak-acakan dan kumuh belum tentu orang jahat dan orang dengan penampilan rapih dan muka tampan/cantik belum tentu orang baik. Untuk mencegah kejahatan bisa dimulai dari diri sendiri. lebih baik berpergian dengan penampilan sederhana dan tidak terlihan mewah karena itu bisa mngundang kejahatan. Dan yang terakhir bagi para wanita sebaiknya membawa alat perlindungan diri seperti Pepper spray atau alat lainnya.
       

0 komentar:

Posting Komentar