Jumat, 27 April 2012

LIVERPOOL

Pada postingan kali ini saya akan menuliskan fakta-fakta seputar klub sepak bola favorit saya yaitu LIVERPOOL.


  • Liverpool awalnya terbentuk karena perselisihan antara pemilik lapangan Anfield dengan klub sepak bola Everton yang pada masa itu selalu menyewa lapangan Anfield. Pada tahun 1892 pemilik Anfield, John Houlding, ingin menaikkan harga sewa lapangan, tetapi pihak klub Everton menolak dan pindah ke stadion baru di Goodison park. Houlding yang tidak ingin melihat lapangannya tidak terpakai lalu membentuk klub sepak bola Liverpool pada 15 Maret 1892 yang bermarkas di Anfield.
  • Liverpool pada awalnya memakai warna biru-putih untuk warna seragamnya. Baru pada tahun 1894, Klub ini memakai warna merah untuk seragam dan warna putih untuk celananya. Akhirnya pada tahun 1964, klub sepak bola Liverpool memakai warna serba merah dari seragamnya sampai kaos kaki. Dalam otobiografi seorang legenda Liverpool, St. John, menerangkan bahwa usulan warna merah ini dikarenakan manager saat itu, Bill Shankly, melihat salah seorang pemainnya, Ronnie Yeats, terlihat lebih garang ketika mengenakan seragam dengan warna serba merah. Dan St, John pun mengusulkan agar memakai warna merah pada kaos kakinya juga.
  • Ada dua tragedi yang sangat membuat klub sepak bola Liverpool berduka, peristiwa tersebut adalah tragedy Hillsborough dan tragedy Heysel. Tragedi Hillsborough terjadi pada tanggal 15 April 1989, saat itu berlangsung pertandingan antara Liverpool FC melawan Nottingham Forest pada semi-final piala FA. Pada saat itu tribun penonton yang sangat dipadati supporter Liverpool sehingga banyak penonton yang mengalami sesak napas dan meninggal. Jumlah supporter Liverpool yang meniggal adalah 96 orang.
  • Tragedi Heysel terjadi pada tanggal 29 Mei 1985. Saat itu berlangsung partai final piala eropa antara Liverpool dan Juventus. Sebelum pertandingan dimulai, sebagian supporter Liverpool menerjang kearah supporter Juventus dan menyerang mereka. Para Supporter Juventus mencoba mengindar hingga terpojok ke tembok stadion dan meruntuhkan tembok tersebut dan menyebabkan banyak supporter dibawahnya tertindih dan meniggal. Jumlah korban jiwa saat itu 39 orang yang kebanyakan pendukung Juventus
  • Ada 2 pertandingan Liverpool yang sangat diingat baik oleh seluruh Liverpudlian (panggilan untuk supporter Liverpool), yang pertama ketika Liverpool bertemu West Ham pada final piala FA tahun 2006. Pada 32 menit pertama Liverpool tertinggal 1-2 oleh West Ham. Skor berubah lagi menjadi 2-3 untuk West Ham sampai Kapten Liverpool, Steven Gerrard, membuat gol krusial pada masa perpanjangan waktu babak kedua dan akhirnya Liverpool menjuarai piala FA melalui adu pinalti. Pepe Reina mampu memblok 3 tendangan pemain West Ham.
  • Pertandingan Kedua adalah saat Liverpool bertemu A.C Milan pada final Liga Champion 2005. Liverpool yang tertinggal 0-3 pada babak pertama, mampu bangkit dan menyamakan kedudukan pada babak kedua. Kali ini pahlawan Liverpool adalah Jerzy Dudek yang dapat menepis tendangan pinalty Andriy Shevchenko.

0 komentar:

Posting Komentar